Artikel : HINDARI NARKOBA CERDASKAN BANGSA

Judul Gagasan : HINDARI NARKOBA CERDASKAN BANGSA 

Harus diakui,Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia saat ini benar-benar telah memperihatinkan dan selalu diperbincangkan, baik itu di media elektronik, media cetak, dan media sosial lainnya. Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan aditif lainnya. 

Narkoba tidak pernah memandang usia, jenis kelamin, status, profesi, jenjang karir, gelar, atau apapun. kasus penyalahgunaan narkoba juga mengikuti fenomena gunung es di mana kasus yang tampak di permukaan barulah sebagian kecil dari kasus yang sebenarnya terjadi.

Menurut data yang diterima oleh Badan Narkotika Nasional (BNN 2018), jumlah korban yang disebabkan oleh barang haram itu meningkat hingga dua kali lipat dari tahun – tahun sebelumnya. Kebanyakan dari korban – korban tersebut adalah remaja. Menanggapi fenomena ini pemerintah telah menetapkan Negara kita sedang berada dalam keadaan darurat narkoba. Narkoba memiliki 3 sifat jahat yang dapat membelenggu pemakainya untuk menjadi budak setia. Sehingga tidak dapat meninggalkannya, selalu membutuhkannya dan mencintainya melebihi siapapun. 

IMG20180911111131
Kelompok UMBY Mahasiswa berdikusi dan membuat Artikel / PKKMB 2018

Masalah narkoba adalah masalah yang amat serius dan harus ditangani dengan serius. Bisakah kita bayangkan, para pemuda yang harusnya menjadi tulang punggung negara dengan segala kerja dan karyanya, malah terjerumus dalam jurang nista penyalahgunaan narkoba? Bisakah kita bayangkan, para Pemuda yang seharusnya mengisi kemerdekaan dengan kerja keras untuk membangun Indonesia, malah tergeletak tak berdaya, overdosis dengan jarum yang masih menempel di tangan mereka, atau bong yang masih menempel di hidung mereka. Darah dan pengorbanan para Pahlawan sama sekali bukan untuk ditukar dengan hal-hal yang tidak berguna seperti itu. 

Penyalahgunaan narkoba adalah proses penghancuran bangsa secara laten dan manifest yang akan membuat suatu keadaan yang disebut “Lost Generation” dimana para pemuda dan masyarakat menjadi tidak produktif dan rusak secara mental maupun fisik. Penyalahgunaan narkoba melahirkan masalah-masalah yang kompleks dan multidimensional yang akan menuntun ke gerbang kehancuran.

Maka dari itu, kita harus bersama-sama menyelamatkan Bangsa Indonesia dari kemungkinan buruk tersebut. Karena untuk mencegah dan memberantas narkoba butuh kolaborasi dan koordinasi yang baik dari Pemerintah, khususnya BNN sebagai leading sector serta instansi terkait seperti POLRI, TNI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial juga tentu dibutuhkan peran aktif masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

Menggapai cita-cita Bangsa tentu bukan masalah mudah, tapi setidaknya mari kita mulai dengan hal-hal kecil yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan narkoba, dan senantiasa peduli dan mengawasi keluarga dan lingkungan kita untuk selalu menjauhi narkoba. Jika kita sehat secara jasmani dan rohani, maka kita bisa bekerja dan berkarya demi kemajuan Indonesia. Jika keluarga dan masyarakat sekitar kita sehat dan produktif, maka tentu akan bisa membangun peradaban masyarakat yang madani dan sejahtera.

Jika seluruh masyarakat di Indonesia sehat dan produktif, maka kita tentu akan menjelma menjadi bangsa yang hebat dan disegani. Dengan begitu, dengan perlahan cita-cita Bangsa bisa kita wujudkan bersama. Oleh karena itu marilah kita sebagai generasi penerus, membangun Indonesia dengan tenaga, pikiran dan karya yang kita punya. Menjadi generasi yang sehat, kreatif dan membanggakan. Menghargai apa yang telah diperjuangkan oleh Para pahlawan demi kelangsungan hidup kita sekarang.

Membangun Indonesia menjadi lebih baik dari apapun dan siapapun kita.

Kelompok 4

Tugas Esay Kelompok 4 : Andika Yuwana Utama, Dirga Putra Zalukhu, Cici Suharni, Eent Natasya Z / @ 2018 UMBY

Leave a Reply

Your email address will not be published.