Kita semua telah mendengar tentang kisah sukses bisnis internet seperti Facebook, Twitter, MySpace, dan situs besar lainnya, tetapi tahukah Anda apa kesamaan mereka? Mereka memulai sebagai usaha bisnis dasar kecil dan menggunakan pemasaran internet untuk mendorong nama dan status mereka. Dan percaya atau tidak, mereka semua mengambil pendekatan pemasaran yang sederhana, pendekatan yang akan kita bahas di sini.
Melakukan riset pasar online
Untuk kampanye pemasaran internet yang sukses, pertimbangkan untuk melakukan riset pasar online. Cari merek, produk, atau layanan Anda dan lihat apa yang dikatakan orang di blog, forum, dan situs jejaring sosial. Ini mungkin memberi Anda gambaran tentang apa yang sebenarnya dipikirkan orang tentang upaya pemasaran Anda saat ini, sehingga memberikan wawasan berharga yang dapat Anda masukkan ke dalam strategi pemasaran internet Anda ke depan.
Jelajahi nilai media sosial untuk dorongan pemasaran Anda. Media sosial sedang meledak saat ini dan tidak akan melambat dalam waktu dekat. Mengambil keuntungan dari mulut ke mulut yang ditawarkan situs-situs ini adalah kunci untuk menghasilkan banyak bisnis untuk produk Anda. Dengan sedikit usaha dari Anda, situs-situs ini dapat menjadi sumber pendapatan yang meregenerasi.
Mengelola Email
Gunakan layanan situs pihak ketiga, untuk mengirim email biasa ke klien Anda. Email ini bisa sangat informatif, atau berisi promosi dan kupon, tetapi bagaimanapun juga, mereka akan menautkan pelanggan Anda kembali ke situs web Anda secara teratur. Jaga agar situs Anda tetap segar dan informatif sehingga mereka selalu memiliki sesuatu yang baru untuk dilihat.
Pelanggan menyukai angka. Sespesifik mungkin saat memberi tahu konsumen seberapa baik kinerja suatu produk untuk orang lain, seperti mengatakan “97% orang benar-benar puas.” Jangan berbohong. Menggunakan statistik dapat memuaskan kekhawatiran pelanggan tentang peringkat produk, dan sangat meningkatkan penjualan Anda, jika Anda menggunakannya dengan benar.
Visibilitas adalah kunci
Dalam pemasaran internet, visibilitas adalah kunci untuk mendapatkan pelanggan terbanyak. Jika Anda memasukkan kata kunci di hyperlink Anda, Anda akan mendapatkan lebih banyak visibilitas. Ketika Anda memasukkan kata kunci yang akan dicari orang di hyperlink Anda, visibilitas mesin pencari Anda meningkat secara dramatis, yang memberi Anda kesempatan untuk memasarkan ke audiens yang lebih luas. Pastikan ada dan jangan sampai Hasil Pencarian di Google tidak muncul semua.
Lacak dan analisis pengunjung situs web
Lacak dan analisis pengunjung situs web Anda. Jika Anda tidak dapat mengukur siapa yang datang, kapan, dari mana, berapa lama mereka tinggal dan apa yang mereka lakukan di situs Anda, sulit untuk memperbaikinya. Ini disebut pelacakan dan analitik, dan dapat sangat membantu Anda meningkatkan bisnis situs web Anda.
Merancang situs web
Merancang situs web untuk memasarkan bisnis Anda secara online adalah proses yang mengasyikkan namun menantang, terutama dengan semua bantuan video dan audio yang dapat Anda gunakan untuk menyempurnakannya. Namun, jangan menjadi korban kesalahan umum yang dilakukan oleh para pemula yang berpikir bahwa lebih banyak lebih baik. Bahkan presentasi Flash singkat, membutuhkan waktu lama untuk memuat dan banyak konsumen lebih memilih pindah ke situs web perusahaan berikutnya daripada membuang waktu mereka menunggu. Pop-up tidak lebih dari gangguan bagi sebagian besar pembeli. Batasi penggunaan foto dan gambar, dan pastikan semuanya relevan. Jika Anda memilih untuk menambahkan audio ke situs web Anda, berikan konsumen pilihan untuk mengklik tombol untuk mendengarnya. Pelanggan yang mengunjungi toko Anda saat bekerja atau pelanggan yang berada di rumah dengan bayi yang sedang tidur dalam jarak pendengaran, tidak akan menghargai musik atau promosi penjualan yang diputar secara otomatis.
Sedikit usaha, segalanya akan menjadi bola salju
Meskipun Anda mungkin bukan Mark Zuckerberg berikutnya, Anda bisa menjadi pebisnis yang berkembang dengan penghasilan yang sehat, mengatur jam kerja Anda sendiri, dan tidak menerima pesanan dari siapa pun. Gunakan tips ini untuk memulai dan membuat bola menggelinding. Dengan sedikit usaha, segalanya akan menjadi bola salju, dan bisnis Anda akan berkembang.