Artikel : Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja

Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya. Menurut UU No.22 Tahun 1997 tentang Narkotika disebutkan pengertian Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik yang bersifat fisik maupun nonfisik dan juga penuh dengan masalah-masalah. Banyak masalah yang sering terjadi pada seorang anak remaja misalnya narkoba.

Adapun solusi untuk permasalahan dari narkoba tersebut antara lain :

Lebih mendekatkan diri kepeda Tuhan yang Maha Esa.

Peran pemerintah, Tindakan preventif, berupa penyuluhan seminar, workshop, pelatihan dan sejenisnya tentang narkoba dan bahayanya ke sejumlah sekolah, perguruan tinggi, serta masyarakat sekitar terutama kepada masyarakat yang ada di pedalaman.

Tindakan represif, berupa upaya rehabilitasi bagi mereka yang sudah terlanjur menjadi pemakai atau pecandu narkoba. Serta menambah jumlah pusat rehabilitasi, menjalin kerja sama yang baik dengan tim medis, psikologi, psikiater, dan agamawan.

Jadi, selain solusi yang ada di atas. Kita juga perlu tahu bahwa diri sendiri sangat berperan penting dalam mengatasi masalah tentang narkoba. Karena diri sendiri lah yang tahu apa yang baik dan yang tidak baik. Ditambah perhatian dan kasih sayang dari orang tua dan orang terdekat dapat menciptakan suasana harmonis yang dapat berdampak baik untuk remaja. Hindarilah kebiasaan merokok dan minum-minuman keras, hati-hati dalam memilih teman dalam bergaul. Isi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan positif, tingkatkan prestasi serta bakat untuk mewujudkan cita-cita. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, itulah kata pepatah. kenyataannya memang benar.

  • NAMA KETUA : WIDIYA KURNIAWATI R ( 18081465) dengan nama Anggota
  • ROSSA AMILIA(18031015 )
  • ROBERTUS RIVALDO(18051070)
  • RONALDO ELIA BULOHRI(18051409)
  • DIKO DENIS LUMBAN G (PSIKOLOGI)

@2018 / UMBY

Leave a Reply

Your email address will not be published.