Kasus : Memori, Kapasitas Baterai dan Laptop yang Lemot

Kasus : Memori, Kapasitas Baterai dan Laptop yang Lemot

Kapasitas penyimpanan sementara RAM di dalam suatu komputer atau laptop berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data (proses) atau loading di komputer/Laptop tersebut. Akibatnya proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program, akan makin cepat sesuai besarnya RAM perangkat tersebut.

Dilihat dari harapan hidup laptop dapat berkisar antara 3 hingga 10 tahun sangat variatif. Masa Pakai atau kegunaannya ini mengacu pada berapa tahun laptop Anda berfungsi di pasar untuk memenuhi persyaratan lanjutan dan dukungan dari software.

Kasus : Memori, Kapasitas Baterai dan Laptop yang Lemot
Kasus : Memori, Kapasitas Baterai dan Laptop yang Lemot

Belum 2 tahun sudah laptop sudah lemot? Salah satu penyebab lemot karena laptop masih menggunakan hardisk HDD yang memiliki kecepatan baca/tulis data relatif lambat. Untuk mengatasi hal ini, bisa mengganti penyimpanan HDD di laptop ke jenis SSD. Tidak pelru kapasita besar, 128 atau 256 GB sudah cukup untuk aplikasi perkantoran. Salah satu penyebab laptop windows 10 menjadi lemot karena banyak program/ aplikasi yang terinstall. Untuk itu, bisa mulai uninstal /hapus aplikasi yang tidak diperlukan agar laptop kembali normal.

Baca Juga : Laptop bisnis mana yang terbaik?

Spek Laptop tinggi tapi masih lemot, penyebab umumnya lemot adalah kapasitas RAM yang terlalu kecil tidak sesuai dengan kebutuhan. RAM (Random Acces Memory) bisa DDR adalah perangkat keras (hardware) yang terpasang di sebagai tempat penyimpanan data sementara. Jika kapasitas RAM terlalu kecil, sedangkan file-file yang tersimpan di laptop tersebut banyak, maka laptop bisa menjadi lemot saat proses.

Baca Juga : Saat ini Muncul berbagai Agregator media sosial

Daya tahan battre sangat jadi faktor utama, banyak yang bertanya, berapa jam baterai laptop bisa bertahan? Bisa sekitar 5-10 jam ini tergantung dari merek dan spec baterai laptop yang Anda miliki. Setelah mengetahui rata-rata waktu pemakaian laptop, mulai sekarang harus lebih berhati-hati. Hal yang tidak baik adalah menggunakan laptop seharian sambil dicharge adalah dapat membuat baterai cepat rusak dan melemah. Lama-kelamaan, baterai akan menjadi kembung dan drop kualtas menurun. Kalau hal ini terus dibiarkan, tidak heran jika baterai laptop cepat habis kapasiatsnya walaupun baru selesai dicharge hingga 100%.

Leave a Reply

Your email address will not be published.