Jenis VPN Yang Sering Digunakan

Jenis VPN Yang Sering Digunakan

VPN adalah metode pembangunan jaringan dengan cara menghubungkan node jaringan dengan aman dengan cara menggunakan jaringan internet publik. Salah satu contoh penerapan VPN yaitu ketika mengelola network dengan mempertimbangkan lokasi yang berbeda maka untuk biaya dapat membengkak sangat banyak .

Beberapa jenis VPN yang ada secara umum memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, bahkan bisa dibilang sama, hanya saja yang membedakan yaitu autentikasi dan enkripsi yang digunakan, beberapa contoh VPN yang sering digunakan antara lain : PPTP, L2TP dan open VPN.

Point to Point Tunnel Protocol

Point to point tunnel protocol atau sering disingkat dengan PPTP adalah VPN yang paling sederhana dalam hal konfigurasi karena sangat fleksibel penggunaannya, kebanyakan operating system  sudah support sebagai PPTP cilent. Komunikasi pada Point to Point Tunnel Protocol kebanyakan menggunakan protokol TCP port 1723 dan juga IP protokol 47/GRE untuk enkapsulasi data, biasa digunakan pada operating system pada PC maupun gadget android. Pap,chap,mschap dan mschap2 biasa digunakan untuk autentifikasi PPTP pada Mikrotik

Layer 2 Tunnel Protocol (L2TP)

Merupakan pengembangan dari PPTP atau point to point tunnel protocol dengan menambahkan L2F, autentifikasi dan enkripsi pada Layer 2 Tunnel Protocol masih sams dengan Point to Point Tunnel Protocol, tetapi untuk melakukan komunikasi , Layer 2 Tunnel Protocol menggunakan UDP Port 1701. Layer 2 Tunnel Protocol mengkombinasikan dengan IPSec menjadi L2TP/IPSec supaya keamanannya menjadi lebih baik lagi, konfigurasi pada L2TP tidak se simpel dengan PPTP karena menjadi konsekuensi dari operating system windows khususnya default OS windows.

Secure Socket Tunneling Protocol (SSTP)

Membangun VPN sengan Scure Socket Tunneling Protocol (SSTP) harus memerlukan sertifikat SSL disetiap perangkat misal Laptop /Komputer /Device lain kecuali keduanya menggunakan RouterOS.

Baca Juga : Laptop Bisnis mana yang Terbaik?

Tetapi belum semua Operating System dapat terhubungan dengan SSTP atau Secure Socket Tunneling Protocol karena dapat menjadikan overhead ketika traffic melewati Secure Socket Tunneling Protocol.

Open VPN

Open VPN sering digunakan ketika membutuhkan keamanan yang tinggi, UDP port 1194 biasa digunakan pada OPEN VPN dan dibutuhkan certificate pada perangkat agar dapat terkoneksi

Kontributor : Adhitya Wahyu Pratama / FTI UMBY

Leave a Reply

Your email address will not be published.