penyalahgunaan narkoba

Artikel : GENERASI ANTI NARKOBA

GENERASI ANTI NARKOBA

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Obat terlarang yang berbahaya. Istilah lain yang kita ketahui adalah adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Banyak orang yang meninggal karena penyalahgunaan narkoba, meskipun sudah banyak orang yang tahu akan akibat dari narkoba itu sendiri.

Adapun orang yang pada awalnya hanya mencoba-coba tetapi akhirnya menjadi ketergantungan.Masalah narkoba sudah menjadi momok yang merongrong Indonesia dari dalam. Narkoba tidak mengenal status dan golongan, ia menyerang semua kalangan, dari mulai oknum Profesor, pengangguran , karyawan, pegawai negeri, bahkan sampai oknum Kepala Daerah.

Masalah narkoba adalah masalah yang amat serius dan harus ditangani dengan serius. Bisakah kita bayangkan, para pemuda yang harusnya menjadi tulang punggung negara dengan segala kerja dan karyanya , malah terjerumus dalam jurang nista penyalahgunaan narkoba? Bisakah kita bayangkan, para Pemuda yang seharusnya mengisi kemerdekaan dengan kerja keras untuk membangun Indonesia, malah tergletak tak berdaya, overdosis dengan jarum yang masih menempel di tangan mereka. Darah dan pengorbanan para Pahlawan sama sekali bukan untuk ditukar dengan hal-hal yang tidak berguna seperti itu.

Narkoba  merupakan salah satu dari beberapa hal yang dapat mempengaruhi dan dapat merusak moral generasi penerus bangsa Indonesia.pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan sejak dini yaitu dengan mensosialisasikan narkoba dan bahayanya kepada peserta didik lewat alat peraga maupun ceramah dan kegiatan kegiatan yang bermanfaat di sekolah,tapi sebelum itu,peran keluarga juga sangat penting,

Peran orang tua dalam mendidik anak mempengaruhi prilaku anak kedepannya.memberi pendidikan agama kepada anak agar anak memiliki iman yang kuat,sehingga tidak terpengaruh dengan pengaruh narkoba.hingga perlakuan perlakuan itu nantinya akan membentuk suatu karakter ,bahwa individu individu tersebut anti narkoba.

Oleh karena itu untuk para generasi muda oenerus bangsa kita harus menguatkan hati, memerteguh iman, dan mengisi waktu dengan hal-hal positif. Marilah kita jangan menjadikan masa muda kita terbuang sia-sia karena hidup hanya satu kali. Tunjukkanlah pada dunia bahwa kita bisa menjadi generasi muda penerus bangsa yang bebas narkoba.

Tulisan ndah Purnamasari 2018 / UMBY

Leave a Reply

Your email address will not be published.