Kuliah Jaringan Komputer Firewall

Fungsi Serta Cara Kerja Firewall Pada Jaringan Komputer

Firewall merupakan sebuah sistem yang berapa pada jaringan komputer yang berfungsi untuk melindungi serta menjaga komputer dari serangan virus dan haking yang berpotensi merusak atau mengambil data pribadi dari komputer. Firewall membantu kita untuk melihat dan mengontrol arus jaringan yang masuk dan keluar ataupun sebaliknya sesuai ketentuan yang telah dibuat.

  1. Fungsi Firewall Bagi Jaringan Komputer 
Era Globalisasi
Era Globalisasi

Seperti yang kita ketahui bersama, firewall merupakan sistem pada jaringan komputer yang membatasi dan mencegah komputer terkena serangan melalui jaringan. Berikut merupakan beberapa fungsi firewall dari serangan komputer.

  • Melindungi komputer dari serangan pihak yang berniat jahat

Fungsi utama firewall bagi jaringan komputer yaitu untuk menghindari pencurian data pribadi maupun privasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Baca Juga : Saat ini Muncul berbagai Agregator media sosial

  • Mengakses Layanan VPN

Firewall juga dapat digunakan untuk koneksi VPN (Virtual Private Network) dimana penggunanya dapat mengakses jaringan pada internal masing – masing. Firewall memberikan fasilitas vpn pada sistem sehingga penggunanya dapat menggunakan jaringan lain yang memiliki keamanan yang tinggi dan terjaga kerahasiaanya.

  • Memblokir Konten

Dengan firewall, kita dapat memblokir konten atau website yang tidak diinginkan, selain itu penggunaya juga dapat memblokir alamat URL yang tidak ingin diakses pada jaringan  

  • Memblokir Pesan Spam

Firewall dapat digunakan untuk memblokir pesan – pesan yang mengganggu dan membahayakan, contohnya pesan spam pada komputer.

  • Mengontrol Bandwidth

Firewall juga dapat digunakan untuk membatasi bandwidth, misalnya mengatur konten – konten yang diinginkan dan diprioritaskan dan membatasi konten – konten yang tidak diinginkan.

  • Mengontrol Bandwidth

Firewall dapat mencatat aktivitas pengguna komputer termasuk Laptop. Dimana data tersebut nantinya akan dipakai untuk mengembangkan sistem kemanan komputer.

  1. Cara Kerja Firewall Jaringan Komputer 

Ada 3 langkah atau metode firewall untuk melindugi komputer. Dimana setiap langkah dapat bekerja bersama – sama atau satu persatu

  • Penyaringan Data

Ketika kita mengakses data, firewall akan memilih secara detail pada data untuk mencari informasi berdasarkan aturan yang telah ditentukan, dimana firewall akan menerima data sesuai kriteria yang telah ditentukan sebelumnya, dan akan membuang data – data yang dianggap berbahaya dan tidak masuk pada kriteria data yang diinginkan. Sistem akan mencatat lalu lintas pada paket data yang membahayakan dan mencurigakan sekaligus dilakukan pemblokiran pada jaringan tertentu.

  • Layanan Proxy

Firewall bekerja dengan menggunakan layanan proxy dapat digunakan untuk memudahkan pendistribusian dari internet ke sistem pusat. Dimana Firewall langsung dapat mengambil data dari internet dan dikirim kepada sistem yang telah melakukan request data sebelumnya.

  1. Kesimpulan

Kesimpulannya, firewall sangat berguna bagi pengguna jaringan komputer. Dengan firewall, pengguna dapat terhindar dari berbagai malware, virus atau semacamnya yang bisa menyerang kapan saja. Selain itu, firewall memberikan rasa aman bagi kita karna dapat melindungi komputer atau perangkat dari hacker yang ingin berniat jahat. Pemasangan OS dari firewall dengan benar dapat mematikan akses apapun contohnya kontrol perangkat jarak jauh.

Kontribus : Zulfikar Aji Santoso / FTI UMBY

Daftar Pustaka

Leave a Reply

Your email address will not be published.