Artikel : GENERASI MUDA ANTI NARKOBA

GENERASI MUDA ANTI NARKOBA.

Membangun remaja yang bebas dari penyalahgunaan narkoba/napza tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Setidaknya ada tiga hal penting yang layak diperhatikan agar hasilnya benar-benar efektif,  dalam lingkungan keluarga, orangtua harus memberikan kasih sayang yang cukup terhadap para remajanya. Mereka tidak boleh cepat marah dan main pukul tatkala sang remaja melakukan kesalahan baik dalam tutur kata, sikap, maupun perbuatannya, tanpa diberi kesempatan untuk membela diri. Sebaliknya, orangtua harus bersikap demokratis terhadap anaknya.

Pendidikan merupakan suatu instrument kedua setelah keluarga, untuk memberikan kualitas dari generasi-generasi penerus bangsa dalam membangun karakter  generasi anti narkoba. Karakter-karakter yang diperlukan dasarnya dapat dilihat dalam  Pendidikan karakter anak (bangsa) yang bisa dilihat dengan jelas pada pasal 3 dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Dalam UU tersebut dapat dikerucutkan kembali untuk memudahkan konsep pendididkan  karakter yang khusus indikator generasi anti narkoba. Diantaranya adalah; Jujur, Melatih kejujuran perlu ditanamkan sejak anak-anak berusia dini dan terus menerus. Tidak kalah penting adalah mengajarkan kejujuran dengan segala perbuatan yang bisa dipercaya. Disiplin, membiasakan disiplin pada anak memang harus dilakukan sejak usia dini. Jika anak terbiasa disiplin maka mereka juga akan terbiasa patuh pada peraturan.  

Narkoba/napza merupakan  salah satu dari beberapa hal yang dapat mempengaruhi dan dapat merusak moral generasi muda penerus bangsa. Pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan sejak dini yaitu dengan mensosialisasikan narkoba dan bahayanya kepada peserta didik lewat alat peraga maupun ceramah dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat di sekolah. Hingga perlakuan-perlakuan itu nantinya akan membentuk suatu karakter, bahwa individu-individu tersebut anti Narkoba.

GENERASI MUDA ANTI NARKOBA – Zaskya Wahyu / @ 2018 UMBY

Leave a Reply

Your email address will not be published.